GAYA HIDUP MINIMALIS YANG OKE ABIS



Hallo woners apa kabar? Semoga kabar baik yaa..

Alhamdulillah akhirnya bisa nulis blog lagi di 2020 ini. Anyway kali ini aku mau sedikit cerita tentang satu hal yang lagi menarik perhatianku sekarang, nah apa itu? Cekidooot

Jadi gini..
Saat itu aku lagi killing time di toko buku, ya biasa sih cuma lihat-lihat bukunya aja dan belum ada niatan untuk membeli. Setelah sekian lama menyusuri beberapa rak buku *cielah ada satu buku yang bikin aku tertarik untuk baca lebih seksama yaitu bukunya Fumio Sasaki yang berjudul Goodbye, Things : Hidup Minimalis ala Orang Jepang. Tertarik banget buat beli itu buku tapi karna faktor ekonomi hh jadinya dibaca sekilas aja dan dibuka-buka

Lalu apa yang bikin aku tertarik? Jadi buku itu ngejelasin seorang Fumio Sasaki yang merasa hidupnya tertekan di tempat kerja, tidak percaya diri, dan terus menerus membandingkan dirinya dengan orang lain hingga suatu hari ia memutuskan  untuk mengubah hidupnya dengan mengurangi barang yang ia miliki.

Btw di sini aku coba jelasin menurut pandangan aku aja yak. Nah gaya hidup minimalis adalah mengurangi segala sesuatu yang berlebihan. Kalo mottonya sih Less is more. Hidup sederhana dan gak berlebihan. Memiliki banyak barang belum tentu bisa bikin kita bahagia lhoo. Tapi dengan sedikit tentunya kita akan merasa cukup dan gak mudah membandingkan diri dengan orang lain.

Terus cara nerapinnya gimana? Sederhananya dengan cara meminimalisasi rasa konsumtif kita terhadap sesuatu, seperti ketika belanja suatu barang kita pikir dulu apakah barang itu ada fungsionalnya atau memiliki fungsional yang sama dengan barang yang sudah kita miliki sebelumnya. Selain itu dengan menyumbangkan barang yang kita miliki yang sudah tidak diperlukan, daripada disimpan kan mending kita berikan ke yang lebih membutuhkan. Contohnya nih baju-baju di lemari yang sudah gak terpakai ataupun barang-barang di kamar yang sudah tidak begitu fungsional, daripada menumpuk dan dibiarkan malah bikin sumpek dan berdebu. Atau hal lainnya yang sekiranya bisa diterapkan dengan konsep sederhana alias minimalis.

Terus apa sih manfaat dari gaya hidup minimalis ini?
1.      Bisa lebih bersyukur dan bahagia
Ini sih yang utama, bisa membuat kita lebih bersyukur dan bahagia pada apa yang kita miliki. Gak merasa kurang dan gak merasa berlebihan intinya sih merasa berkecukupan. Hidup akan lebih bahagia karna terhindar dari stress akan mengejar kepuasan materi.

2.      Lebih percaya diri
Karna gak merasa kekurangan membuat kita lebih percaya diri dan gak membandingkan diri dengan orang lain. Misalnya nih pakai baju yang itu-itu aja, karna sejatinya kita lebih sering menggunakan barang yang membuat kita nyaman. Siapa yang kaya gitu? Aku sih iya.. Sering pakai barang yang sama beberapa kali tentu bukan masalah lagi, terserah orang mau bilang apa yang penting nyaman dan tetap percaya diri.

3.      Hemat
Meminimalisasi sifat konsumtif, tentunya bisa menghemat pengeluaran. Penghasilan kita pun bisa digunakan untuk kebutuhan lain yang lebih penting, ditabungkan atau bahkan bisa dipakai untuk travelling.

4.      Menciptakan ruang yang luas dan nyaman
Dengan sedikit barang maka ruangan terasa lebih nyaman dan gak sempit. Selain itu kita gak perlu repot untuk membersihkan dan merawat barang-barang.

So oke abis bukan? Makanya aku tertarik dan lagi berusaha menerapkan gaya minimalis ini di kehidupan sehari-hari. Kalian gimana? Cobain yuk semoga kita berhasil

Comments

Popular Posts